Ide Awal Yayasan

Setelah beberapa hari yang lalu menghadiri acara penutupan pengajian di lingkungan rumah orang tua di Tambun, saya sempat berdiskusi dengan adik-adik saya. Bagaimana jika kita membuat yayasan saja?

Yayasan ini nantinya akan bergerak pada 3 bidang utama, yaitu pendidikan, kesehatan dan keterampilan. Pendidikan mencakup sekolah dan pendidikan luar sekolah, termasuk pengajian dan taman bacaan Excellent. Kesehatan terkait klinik dan sosialisasi hidup sehat termasuk kegiatan pendukung seperti senam bersama, beladiri dan olahraga. Bisa juga kliniknya berkembang menjadi rumah sakit. Keterampilan adalah pembekalan terkait pekerjaan atau buka usaha. Misalnya kursus, pelatihan dan BLK (balai latihan kerja).

Apakah cakupannya sedemikian luas? Nggak juga. Namanya baru mulai, mungkin awalnya dari yang mudah dan saat ini sudah berjalan saja, yaitu mulai dari taman bacaan dan pengajian.

Dibuat dalam bentuk yayasan berbadan hukum untuk memudahkan pengelolaan. Nanti pembiayaannya bisa dari swadaya, salah satunya bisa dari CSR Excellent. Saya juga berkeinginan agar yayasan ini bisa menghidupi dirinya sendiri, misalkan untuk tahap awal bisa mendapat pemasukan dari kebun Excellent (bagian dari taman bacaan Excellent, yaitu Excellent farm). Ada kolam ikan dan kebun buah yang mungkin bisa menjadi sumber pemasukan kecil-kecilan.

Kalau saya baca pada beberapa artikel, modal pendirian yayasan minimal 10 juta rupiah. Insya Allah bisa diusahakan. Saya juga bisa memindahkan beberapa PC dari markas Excellent yang kondisinya masih baik dan bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan dan pendidikan.

Target utama dalam waktu dekat ini adalah meningkatkan sarana dan prasarana taman bacaan, meningkatkan jumlah koleksi buku, membuat budget darurat untuk dana kesehatan (misalnya jika ada warga yang membutuhkan bantuan terkait dana kesehatan). Tahap selanjutnya adalah memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi. Nanti prosesnya akan diupdate lagi.

Untuk kegiatan awal, sementara masih dilingkungan kampung saya di kampung Warung Asem desa Sumber Jaya. Tidak menutup kemungkinan dikembangkan di lingkungan yang lebih luas, namun saya perlu belajar mengelolanya agar bisa bermanfaat secara luas. Saya berkeinginan ada ruang dan persemaian yang baik bagi tumbuhnya anak-anak, remaja dan pemuda yang membawa kebaikan bagi lingkungannya masing-masing. Mereka jadi generasi yang senang membaca, disiplin, berprestasi, senang berolahraga, selalu sehat dan menjadi kebanggaan orang tuanya.

Referensi Ide Awal :

Ide Awal Yayasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top